Motor ngempos disebabkan oleh beberapa masalah sepele yang sering kita abaikan, contohnya mengabaikan perawatan rutin, dan berikut adalah antaranya :
Oleh karena itu memang penting banget untuk kasus filter udara ini, upayakan agar tidak kotor. Pergantian filter udara ini tergantung seberapa bersih lingkungan kita, jika tempat berdebu, penggantian lebih cepat 2x lipat daripada lingkungan biasa.
1. Filter Udara Kotor Tidak Bersih
Penyebab motor ngempos yang pertama yaitu saringan hawa udara yang kotor, karena udara yang masuk sangat-sangat kecil, akibatnya pembakaran menjadi tidak sempurna dan berujung ngempos. Banyak pengendara motor yang mengalaminya berpendapat apabila sudah sangat parah sekali kotornya, motor sulit dihidupkan.Oleh karena itu memang penting banget untuk kasus filter udara ini, upayakan agar tidak kotor. Pergantian filter udara ini tergantung seberapa bersih lingkungan kita, jika tempat berdebu, penggantian lebih cepat 2x lipat daripada lingkungan biasa.
2. Pilot Jet Kotor Tidak Bersih
Penyebab berikutnya juga bisa muncul dari komponen pengalir bahan bakar, komponen yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar pada saat rpm bawah sampai menengah ini memang sering jadi penyebab motor ngempos, karena komponen ini sangat penting untuk menyalurkan bahan bakar. Intinya jangan sampai tersumbat atau kotor saluran pilot jet ini.3. Tenaga Spul Lemah
Berikutnya muncul dari komponen yang berupa kumparan tembaga, spul motor lemah akibatnya ke pengapian yang ikut berkurang. Ini tidak boleh terjadi karena bila pengapian kecil, pembakarannya terkena dampaknya menjadi kurang maksimal dan berujung motor ngempos.JAV JUFD-808 Yurai Chitose http://festyy.com/wqBNTx
Mengatasi Karburator Motor Ngempos Saat Digas
Masalah ini biasanya muncul secara tidak terduga, bila RPM tinggi dan kemudian mesin loyo saat gas tinggi. Suaranya seperti bensin yang habis. Maka langkah yang paling tepat untuk mengatasinya adalah:- Buka karet filter, atau copot dan putar kesamping, sehingga mulut karburator terlihat.
- Tutup mulut karburator dengan tangan, tapi tidak terlalu rapat atau sedikit renggang.
- Starter atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.
- Nyalakan mesin,dan putar gas secara perlahan.
- Apabila masih terasa tersendat-sendat, tutup mulut karburator saat posisi mesin masih hidup.
- Caranya tutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah)
- Putar lagi gas secara pelan-pelan. Jika rasa tersendat sudah hilang, sudah pasti jeroan karbu mulai kotor.
0 comments:
Post a Comment