Sunday, September 25, 2016

Pankreas : Pengertian, Struktur, Fungsi, Bagian

A. PENGERTIAN PANKREAS
Pankreas adalah organ kelenjar pada sistem pencernaan yang terletak di bawah permukaan lambung. Pankreas merupakan organ kelenjar yang memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai organ endokrin (mengeluarkan hormon) dan sebagai organ eksokrin (mengeluarkan enzim). Pankreas mempunyai bentuk pipih memanjang, panjang pankreas dapat bervariasi dan biasanya sekitar 15 cm pada orang dewasa. Pankreas dapat ditemukan pada regio kiri atas rongga perut.
Artikel Penunjang : Sistem Pencernaan Manusia
PENGERTIAN, STRUKTUR, DAN FUNGSI PANKREAS

B. FUNGSI PANKREAS
Secara umum, segala fungsi pankreas berhubungan dengan peranannya sebagai organ endokrin dan organ eksokrin, karena itu kami membagi fungsi pankreas menjadi 2 poin utama :

1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin
 Organ Endokrin merupakan organ yang mengeluarkan hormon ke dalam darah untuk mengatur keseimbangan dan menunjang fungsi tubuh. Struktur yang menjalankan fungsi eksokrin merupakan berbagai sel yang terkumpul dalam pulau langerhans.

Setiap sel menghasilkan hormon yang berbeda dan memiliki fungsi berbeda pula. 4 Sel utama dalam pulau langerhans pankreas adalah :
Hormon Glukagon, merupakan hormon yang diproduksi oleh sel alfa pankreas. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.
Hormon Insulin, merupakan hormon yang diproduksi sel beta pankreas. Hormon ini berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah dengan cara memasukannya ke dalam sel sebagai sumber energi.
Hormon Somatostatin, merupakan hormon yang diproduksi oleh sel delta pankreas. Hormon ini berfungsi untuk mengatur aktivitas sel alfa dan sel beta pankreas.
Hormon Polipeptida Pankreas, merupakan hormon yang dihasilkan oleh Sel gamma (sel PP) pankreas. Hormon ini memiliki fungsi utama yang belum diketahui sepenuhnya, namun diduga dapat mengatur kecepatan pencernaan makanan.
2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksokrin
Organ Eksokrin merupakan organ yang mengeluarkan enzim atau produknya melalui saluran khusus miliknya ke permukaan dalam atau luar tubuh. Artinya produk dari organ ini tidak melalui pembuluh darah. Sebagai organ eksokrin, kelenjar pankreas memgang peranan penting dalam sistem pencernaan tubuh. Struktur yang berperan dalam melakukan fungsi ini pada organ pankreas adalah sel – sel asinar. Sel tersebuat akan menghasilkan enzim dan berbagai komponen dengan fungsinya masing – masing ke permukaan usus halus.
Ketika makanan masuk ke dalam tubuh dicerna oleh lambung kemudian memasuki usus halus. Untuk mencerna makanan secara sempurna maka usus halus akan memproduksi hormon kolesistokinin yang kemudian merangsang pankreas mengeluarkan produknya. Enzim – enzim dan produk lain yang dikeluarkan pankreas sering disebut sebagai getah pankreas. 
Artikel Penunjang : Enzim : Pengertian, Fungsi, Jenis
Komponen getah pankreas antara lain :
Natrium Bikarbonat (NaCHO3), bersifat basa dan berfungsi untuk membuat makanan mengalami pH optimal. Makanan yang berasal dari lambung akan bersifat basa karena pengaruh pencernaan yang terjadi di lambung. Apabila makanan asam ini tidak dinetralkan maka kondisi asam tersebut dapat merusak struktur organ pencernaan yang dilewatinya.

Tripsinogen, merupakan komponen yang belum menjadi enzim aktif. Ketika usus halus mengaktifkannya dengan enterokinase maka tripsinogen akan menjadi Enzim Tripsin yang berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino (polipeptida).

Lipase pankreas, merupakan enzim yang berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Lipase pankreas juga akan mengatur cadangan lemak dalam tubuh kita.

Amilase pankreas, merupakan enzim yang berfungsi memecah polisakarida (amilum) menjadi monosakarida (contohnya glukosa).

Karbohidrase Pankreas, merupakan enzim yang berfungsi memecahkan molekul disakarida menjadi monosakarida. Seluruh karbohidrat harus berada dalam bentuk monosakarida apabila dibutuhkan oleh sel, karena sel hanya mampu menerima karbohidrat dalam bentuk yang paling sederhana tersebut. Contoh Karbohidrase antara lain adalah maltase, laktase, dan lainnya (nama sesuai dengan polisakarida yang diubah).

C. BAGIAN – BAGIAN PANKREAS
  1. Kepala Pankreas, merupakan bagian terluas dari pankreas yang menempel pada usus halus.
  2. Leher Pankreas, bagian yang terletak diantara kepala dan badan pankreas dengan panjang sekitar 2,5 cm.
  3. Badan Pankreas, merupakan bagian pusat yang memiliki banyak sel pankreas sehingga disebut sebagai bagian terpenting dari pankreas.
  4. Ekor Pankreas, bagian akhir dari pankreas, ekor pankreas terletak di perut kiri dan berbentuk agak meruncing.
  5. Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus), merupakan saluran yang keluar dari pankreas dan bermuara di usus halus. Fungsi saluran pankreas adalah untuk menyalurkan berbagai enzim yang akan membantu proses pencernaan komponen penting seperti karbohidrat, protein dan lemak.
BAGIAN - BAGIAN PANKREAS


D. STRUKTUR PANKREAS
Secara tidak langsung kami telah membahas struktur pankreas pada beberapa poin penjelasan di atas, namun agar lebih jelas silahkan sahabat perhatikan gambar berikut ini :
STRUKTUR PANKREAS
Pankreas manusia disusun oleh pulau-pulau langerhans dan sel-sel asini. Pulau langerhans menunjang fungsi pankreas sebagai organ endokrin, sedangkan sel asini menunjang fungsi pankreas sebagai organ eksokrin. Pulau langerhans terdiri oleh 4 sel, yaitu sel alfa, beta, gamma dan sel delta pankreas. Sedangkan sel asini menjalankan fungsinya dengan menghasilkan berbagai zat seperti Natrium bikarbonat, lipase, amilase, dan karbohidrase pankreas.
Pankreas : Pengertian, Struktur, Fungsi, Bagian Rating: 4.8 Diposkan Oleh: Fista Legra

0 comments:

Post a Comment